Published Sep 19, 2024

Meniti Jejak Keseruan Mentoring #1 The Mentor 2022

What they say about The Mentor mentoring #1

Mentoring and Monitoring

Meniti Jejak Keseruan Mentoring #1 The Mentor 2022


Halo Sobat Inovator!


Masih ingatkah akan kemeriahan event The Mentor Blind Selection yang diadakan di Harmonize Hall, Telkom Corporate University Center, Bandung? Antusiasme para mentor dan peserta mewarnai acara hybrid yang perdana dilaksanakan saat itu. Ditambah pada akhir acara, para Amoeba mendapatkan pasangan mentornya masing-masing. Harapan kedepannya adalah proses katalisasi bisnis dari setiap Amoeba akan bertambah cepat, bahkan hingga sepuluh kali lipat!


Nah, Setelah acara ini selesai, para mentee dan mentor akan melalui proses biweekly mentoring hingga Bulan Desember! Lalu, seperti apakah keberlangsungan Mentoring #1 para teman-teman Mentee Amoeba? Mari kita simak!


Sudahkah teman-teman mengenal Level-Up? Sebuah Amoeba yang menjadi jawaban atas rumitnya proses rekrutmen tradisional. Level-Up mendigitalisasi proses rekrutmen internship untuk mempermudah karyawan internal, maupun eksternal Telkom Group untuk mendapatkan resource tambahan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing unit. Tahukah kamu, bahwa Level-Up sudah bekerjasama dengan Kemendikbud dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dalam program tersebut para mahasiswa diberikan kesempatan untuk magang secara dedicated di Telkom Group, keren sekali bukan?


Nah, tentunya ada juga nih Amoeba yang tidak kalah kerennya, yaitu Evomo! Menghadirkan solusi berbasis Internet of Things dalam genggamanmu, Evomo mampu menghadirkan produk pemantauan Enterprise Resource Planning (ERP), Overall Equipment Effectiveness (OEE), dan Environment Monitoring System (EMS) dengan kondisi jarak jauh secara otomatis, real-time, dan akurat. Sehingga, dapat memaksimalkan produktivitas dan efisiensi perusahaan manufacture, agriculture, livestock, hingga fishery di era revolusi industri 4.0. Sekarang, Evomo sedang melakukan delivery di beberapa perusahaan lho, mulai dari PT. Sosro, PT. Tanobel, PT. Triputra Agro Persada, dan PT. Inti.


Kedua Amoeba ini sudah berjodoh dengan mentornya masing-masing, dimana Level-Up dibimbing oleh Ibu Dwi Sulistiani yang merupakan sosok utama dibalik PT. Administrasi Medika. Sedangkan Evomo dengan Bapak Anggoro Kurnianto Widiawan yang saat ini sedang menjabat sebagai Chief of Development Officer di PT. Telkomsat. Lalu, setelah melaksanakan mentoring pertama, apa ya impresi pertama para mentee terhadap para mentornya?


"Seru banget, humble, serta solutif. Rasanya mentor kami sudah seperti seorang Ibu yang mendampingi anak anaknya."


Ujar Canna Parahita selaku CEO dari Level-Up.


Selain seperti mendapatkan sosok Ibu, yang membuat proses mentoring kelompok Level-Up menarik adalah pembahasan mentoring yang tidak hanya berputar pada hal teknis. Namun juga nilai-nilai kehidupan yang tidak kalah penting untuk dapat diterapkan oleh para inovator di kehidupan keseharian. Terdapat pesan dari Ibu Dwi yang ngena banget di hati teman-teman Level-Up, dimana beliau berpesan,


"Keraslah pada diri kita selagi masih muda, agar tidak dikerasi oleh kehidupan di masa tua."


Kalau tadi sudah membahas sosok Ibu yang dimiliki oleh Level-Up. Sekarang kita beralih ke Evomo yang berjodoh dengan Pak Anggoro, seorang mentor yang paham betul akan aspek teknis mengingat jam terbangnya di dunia satelit yang sudah sangat panjang. Ditambah lagi dengan gelar PhD dari University of Surrey dengan spesialisasi pada Wireless Communication yang beliau peroleh pada tahun 2006. Ketajaman sudut pandang Pak Anggoro membuat beliau paham betul cara untuk menembak pain problem yang dihadapi Evomo dan bergerak dengan kerangka berpikir yang strategis untuk menentukan navigasi bisnis Evomo di masa depan.


"Pak Anggoro memiliki wide-view terkait Evomo, dan impresi pertama kami terhadap beliau adalah beliau super sekali sebagai mentor. Cocok dengan background yang technical."


Demikian disampaikan oleh Brian, CEO dari Evomo


Dengan tangan-tangan Senior Leader, tentunya para mentee semakin yakin akan perkembangan Amoebanya. Mulai dari Evomo yang berangkat dari berpikir strategi untuk melakukan riset dan validasi akan pasar sebelum beraksi. Hingga, Level-Up yang menjadi lebih percaya diri dan yakin akan dukungan yang diberikan dari lintas unit, setelah baru saja On-Boarding pada tahap Business Model Validation (BMV). Kedua tim juga semakin aware akan kompetitor dan bagaimana cara menyikapinya, agar semakin siap tempur di market. Langkah selanjutnya dalam mengikuti program The Mentor ini beragam bagi para Amoeba mengikuti lintasan tujuannya masing-masing. Level-Up berharap dapat menggarap Talent Management System yang mendobrak proses internship di Telkom Group. Dimana fokus ditujukan dalam mendevelop teknologi penunjang sebagai persiapan Digistar Regional Internship Batch 5 akhir tahun ini. Sedangkan Evomo dengan demand B2B juga semakin tertantang untuk terus dapat mengembangkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pasar, sembari merancang strateginya dengan merumuskan analisis akan aspek consumer, cost, convenience, dan communication.


Wah, banyak sekali bukan yang sudah diperoleh oleh para Amoeba dalam satu kali mentoring! Mulai dari kesepakan Objective Key Result antara mentee dan mentor hingga melakukan navigasi arah bisnis hingga pengembangan strategi setiap Amoeba kedepannya. Kira-kira selanjutnya akan ada hal menarik apa ya di rangkaian Mentoring The Mentor 2022?


Nantikan keseruan lainnya dari setiap tahapan program ini di website ini ya!


#THEMENTOR

#NEVERENDINGGROWTH


Pada Kamis 13 September 2022, program The Mentor mengadakan event Blind Selection secara hybrid setelah sebelumnya melakukan Mentee Selection secara online di bulan September lalu. Rangkaian acara Blind Selection dilaksanakan mulai pukul 08.30-12.00 WIB. Blind Selection adalah program dimana para Amoeba melakukan pitching kepada para Mentor. Ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan The Mentor 2022. Adapun salah satu tujuan dari kegiatan The Mentor adalah untuk mendorong pertumbuhan para Amoeba yang akan bekerjasama dengan para Mentor dalam acara yang fun namun impactful.


Profile
Amara Faza
Administrator, Digital Amoeba
ARTICLES TO KNOW MORE

MISSING OUT SOMETHING?

Admin The Mentor
Oct 27, 2023
Others

Progress Path : Calista

Simak wawancara eksklusif bersama para innovator!

Read post
Amara Faza
Apr 03, 2023
The Mentor Blind Selection

Simak Keseruan The Mentor Blind Selection 2022

Blind Selection adalah program dimana para Amoeba melakukan pitching kepada para Mentor.

Read post
Admin The Mentor
Sep 20, 2023
Others

Progress Path : Eventeer

Simak wawancara eksklusif bersama para innovator!

Read post