Published Sep 19, 2024

The Mentor Is Back!

Halo Sahabat Inovator! Siapa yang belum tahu Program The Mentor?

RegistrationOthers

Halo Sahabat Inovator! Siapa yang belum tahu Program The Mentor? Program The Mentor merupakan salah satu program dari Digital Amoeba yang mempertemukan antara Innovator dengan Innovation Mentor untuk mendorong pertumbuhan bisnis, kompetensi bakat, dan teknologi secara fun namun impactful.


Program The Mentor dimulai sejak tahun 2018,  dilatarbelakangi oleh kebutuhan para Amoeba dalam mengakselerasi bisnisnya yang bisa didapat dari bimbingan para senior leader yang sudah berpengalaman dalam menciptakan inovasi produk. Setelah tahun 2021, Program The Mentor dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19, tahun ini program The Mentor akan dilaksanakan kembali secara hybrid (online dan offline).


Tujuan Program The Mentor 2022


The Mentor adalah meningkatkan innovation growth sebesar 10 kali lipat dari sisi bisnis, kapabilitas, dan teknologi, serta membentuk ekosistem inovasi di Telkom Indonesia yang berkelanjutan.

Nah, setelah mengetahui tujuan dari program The Mentor ini, selanjutnya ada perjalanan yang harus dilewati oleh tim Innovator (innovator journey) dan peranan dari program The Mentor itu sendiri.


Innovator Journey


Innovator Journey merupakan perjalanan yang harus dilewati oleh tim Inovator dalam mengembangkan inovasinya, mulai dari selection, developed, incubate, accelerate, dan graduate. Program The Mentor sendiri berperan dalam tahapan accelerate yaitu, proses validasi dalam tahap product-market fit, yang dibagi menjadi dua tahapan yaitu, business model validation (apakah customer yang menggunakan solusi tersebut ingin melakukan pembayaran?) dan market validation (apakah solusi tersebut dapat ditingkatkan secara massive dalam market yang lebih luas?). Selain tahapan itu, Program The Mentor juga berperan hingga ke tahapan graduate, dimana pada tahapan ini dilakukan proses handover inovasi kepada destinasi graduasi untuk menjadi flagship serta dapat dikembangkan dan dikelola secara penuh oleh destinasi graduasi.



Pada tahapan Accelerate program The Mentor memiliki target kepada setiap talent yaitu:


1. Business Model

Pada proses ini talent diharapkan dapat mengembangkan model bisnis yang diterima oleh pelanggan dan partner, sehingga solusi dapat memiliki impact terkait:

  • Revenue/cost

  • Jumlah user/customer

  • Coverage layanan

  • Jumlah partner yang berkolaborasi



2. Market Validation

Pada proses ini talent diharapkan dapat mengembangkan market yang dapat sustain dan scale up secara cepat, sehingga dapat memberikan profit/revenue yang berpotensi besar bagi perusahaan.



Timeline Pelaksanaan Program The Mentor 2022

Pelaksanaan program The Mentor tahun 2022 akan dilaksanakan sebanyak enam rangkaian mulai dari bulan September-Desember 2022. Simak baik-baik rangkaian acara The Mentor 2022:


1. Mentor and Mentee Selection [ Minggu ke-4 September 2022 ]

  • Pemilihan Inovasi potensi GTO / GTM

  • Learning Administration

  • Undangan untuk menjadi Mentor



2. Mentor Development [ 12 Oktober 2022 ]

  • Executive Mentoring Development



3. The Mentor Blind Selection [ 13 Oktober 2022 ]

  • Event The Mentor

  • Pitching Innovator untuk mendapatkan mentor Internal


4. Mentoring Session [ Oktober - Desember 2022 ]

  • OKR setting

  • Business Mentoring

  • Technical Mentoring

  • Review & Retrospective


Profile
Amara Faza
Administrator, Digital Amoeba
ARTICLES TO KNOW MORE

MISSING OUT SOMETHING?

Amara Faza
Apr 03, 2023
Mentoring and Monitoring

Lembaran Akhir Sesi Mentoring #4 The Mentor 2022

Last Session of The Mentor Mentoring #3

Read post
Amara Faza
Apr 03, 2023
The Mentor Blind Selection

Simak Keseruan The Mentor Blind Selection 2022

Blind Selection adalah program dimana para Amoeba melakukan pitching kepada para Mentor.

Read post
Admin The Mentor
Nov 14, 2023
Others

Progress Path : SIAB

Simak wawancara eksklusif bersama para innovator!

Read post