Published Sep 19, 2024

Progress Path : SIAB

Simak wawancara eksklusif bersama para innovator!

Others

Selamat datang di Progress Path, tempat kita akan menyelami perjalanan inspiratif tiap inovasi yang tergabung dalam program The Mentor 2023. Pada progress path kali ini kami akan membahas mengenai perjalanan SIAB selama mentoring bersama Bapak Komang. SIAB (Siaga Air Bersih) merupakan salah satu inovasi yang tergabung dalam program The Mentor 2023. Selama sesi mentoring bersama SIAB, kami mengeksplorasi beberapa cerita inspiratif dari perjalanan yang telah mereka tempuh dalam mengembangkan layanan ini.๐ŸŽ‰

  • Pencapaian Platform SIABโœจ
    Dalam upaya implementasi teknologi, SIAB mengusung langkah-langkah strategis yang signifikan. Dimulai dari SIAB yang telah mengajukan proposal kepada empat PDAM di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk penawaran Ultrasonik Water Meter. Proposal penawaran telah disampaikan dengan penuh dedikasi dan upaya terbaik, dengan dua proposal sukses diterima dan dua lainnya belum membuahkan hasil yang diharapkan. Hal tersebut tidak  lantas membuat SIAB berputus asa, SIAB tetap optimis dan siap melangkah dengan semangat kerja keras yang tinggi. 

    Selanjutnya, SIAB juga berhasil melakukan upaya penting dengan memiliki tiga proyek pilot dengan perusahaan yang menghadapi tantangan dalam utilitas air, yakni Hutama karya, Astra dan PT Solusi Bangun Indonesia. Meskipun pemasangan belum dimulai, inisiatif ini menandai langkah awal yang menjanjikan.

    SIAB pun telah menjalin kerja sama dengan satu mitra strategis di bidang konektivitas. Kerjasama ini terfokus pada implementasi SIAB di living lab Telkom CorpU. Kolaborasi ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan teknologi connectivity dan memberikan peluang besar bagi SIAB untuk menunjukkan keunggulan teknologinya.

    Meski beberapa target masih menantikan penyelesaian lebih lanjut, langkah-langkah ini mencerminkan tekad SIAB dalam menghadirkan solusi inovatif dan menjajaki peluang kolaborasi yang berpotensi besar. Bersama-sama, SIAB pasti bisa mewujudkan visinya!
     
  • Peluang Pengembangan untuk Kedepannya ๐Ÿ’ป
    Dalam merespon tantangan dan peluang di masa mendatang, Bapak Komang memberikan saran untuk SIAB agar dapat menyiapkan backlog dari active device untuk keperluan monitoring, evaluasi, dan pengembangan produk. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan perangkat lunak seperti Trello atau Jira guna menyusun backlog dengan lebih efisien dan merespons issues secara terstruktur.

    Selain itu, SIAB juga dapat mengeksplorasi peluang baru melalui langkah proaktif dengan menawarkan pengelolaan air bersih secara langsung kepada berbagai kota. Inisiatif ini diharapkan mampu membuka potensi pengembangan yang signifikan dalam sektor manajemen air bersih, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan air bersih di berbagai kota secara lebih efektif dan efisien, melalui penggunaan teknologi terkini dan pendekatan yang inovatif. Tantangan masa mendatang dan menjadi pemain kunci dalam pengembangan solusi berkelanjutan.
     
  • Perjalanan SIAB  Selama Mengikuti Program The Mentor๐Ÿ“ˆ
    SIAB terus berkomitmen untuk menggali potensi kerjasama yang luas, baik di dalam lingkup Telkom melalui pengajuan rencana implementasi living lab SIAB di Innovation Center Telkom, maupun di luar lingkup Telkom dengan menawarkan layanan kepada PDAM Jawa Tengah, Jawa Timur, serta perusahaan bergengsi seperti Astra dan PT Solusi Bangun Indonesia. Upaya kolaborasi ini diharapkan dapat membuka pintu peluang yang lebih besar dan memberikan dampak positif yang signifikan. 

    Keberhasilan ini tidak terlepas dari uluran tangan Bapak Komang, senior leader di Telkom Group, yang telah membimbing SIAB dalam menjajaki potensi kerjasama di dalam Telkom. Walaupun beberapa upaya belum dapat diimplementasikan pada saat ini, langkah-langkah ini mencerminkan tekad dan komitmen yang kuat dari SIAB dan Bapak Komang. Inisiatif ini tidak hanya sebagai langkah strategis untuk menghadapi tantangan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari upaya mewujudkan visi SIAB untuk menjadi pelaku utama dalam penyediaan solusi air bersih di Indonesia. Dengan dukungan penuh, SIAB terus melangkah memberikan kontribusi positif!

Nah, itu dia cerita menginspirasi dari SIAB dalam perjalanan mereka di program The Mentor 2023. Melalui artikel kami bersama SIAB kali ini telah menandai berakhirnya Progress Path pada The Mentor 2023. Nantikan cerita-cerita inspiratif dari para inovator The Mentor yang  terus berupaya membuka jalan bagi ide-ide brilian yang sedang mengubah dunia.๐ŸŒŸ 

See you on the next journey! ๐Ÿš€

The Mentor, Never Ending Growth!

For more information, please kindly contact our PIC:
โ˜Ž 082218880013 (Amara Faza)

#TheMentor
#NeverEndingGrowth
#AccelerateInnovationPattern
#LivinginTelkom

 


Profile
Admin The Mentor
Administrator, Digital Amoeba
ARTICLES TO KNOW MORE

MISSING OUT SOMETHING?

Admin The Mentor
Oct 18, 2023
The Mentor Final Show

Progress Path : Pajak.io

Simak wawancara eksklusif bersama para innovator!

Read post
Amara Faza
Apr 03, 2023
The Mentor Blind Selection

Kenalan dengan Para Mentor The Mentor 2022

Penasaran siapa saja mentornya? mari kita simak profile para Mentor kebanggaan ini!

Read post
Amara Faza
Apr 03, 2023
Mentoring and Monitoring

Berlayar Memasuki Mentoring #2 The Mentor 2022

On going progress: The Mentor mentoring #2

Read post